Minggu, 04 Maret 2012

Kuncinya diet sehat seimbang...^_^



 Pendekatan terbaik untuk memastikan anda mendapat semua antioksidan,yakni dengan menganut pola makan sehat dengan diet seimbang. Diet itu meliputi konsumsi berbagai macam buah dan sayuran karena menawarkan vitamin esensial, mineral, serat, dan nutrisi penting lainnya, termasuk antioksidan.

   Berbagai antioksidan yang mudah diperoleh dalam makanan sehari-hari adalah :



* Karoten (vitamin A)
      Tubuh kita mendapat vitamin A dari sumber pangan hewan (retinol) seperti minyak ikan, hati, telur dan susu. Lalu, karotenoid yang berasal dari sumber pangan nabati, misalnya sayuran berdaun hijau dan buah-buahan yang berwarna merah, kuning, dan orange. Sebut saja wortel, mangga, ubi jalar, bayam, dan lainnya.
     Untuk penyerapan dan metabolisme vitamin A diperlukan adanya garam empedu, protein, dan zinc (terdapat pada daging, hati, tiram, sayuran). Vitamin A dalam jumlah banyak disimpan di dalam hati.

*Vitamin C.
Vitamin yang larut air ini banyak ditemukan dalam sumber pangan nabati. Buah jenis jeruk sangat baik sebagai sumber vitamin C. Anda juga bisa mendapatkan nya dari stroberi, melon, brokoli, kentang,jambu biji, kiwi dan tomat.
*Vitamin E
Vitamin yang larut lemak ini mampu melindungi vitamin A, betakaroten, dan vitamin C dalam makanan dari kerusakan akibat oksigen. Vitamin E ditemukan dalam minyak sayur, misalnya minyak jagung dan kedelai. Juga terdapat pada margarin, dressing salad, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sedikit pada sayuran hijau.

*Selenium.
Merupakan mineral yang dapat meningkatkan kemampuan Vitamin E sebagai antioksidan. Terdapat dalam makanan laut, hati, daging, padi-padian, ikan tuna dan makerel, brokoli, tomat.

Di kutif dari Majalah Gaya Hidup Sehat hal.27 No.372/ 1-7 september 2006.

semoga Bermanfaat...^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar