Minggu, 04 Maret 2012

" Kelengkeng....^_^



Buah bulat ini berkulit agak keras berwarna coklat,daging buahnya putih lembut dan berair ,berbiji hitam agak besar. Orang cina memberi nama buah Asli ini "Long yan rou, yang artinya mata naga yang tajam. Kelengkeng juga di sebut buah euforia, mungkin karena dapat membuat orang berenergi..

Manfaat :
     Kelengkeng berisi Phenolic terutama yang banyak pada bijinya,seperti asam gallic,corilagen dan asam ellagic, yang mengindekasikan adanya kandungan antioksidan.
     Bijinya juga mengandung saponin,tanin,dan lemak,sehingga kerap di pakai sebagai bahan pembuat sampo dan untuk mengatasi keringat berlebihan. Juga digunakan untuk menghentikan pendarahan. Di Cina, biji kelengkeng di buat minyak.
    Daging buahnya tercatat di pakai secara Tradisional untuk obat sakit perut ( alat pencernaan ), mengusir demam dan membunuh cacing perut, juga menangkal racun. Air seduhan daging buah yang dikeringkan merupakan penyegar dan obat untuk insomnia, kelelahan kronis, perasaan lemah, tidak dapat konsentrasi, tidak nafsu makan.
    Daun dan bunganya di cina dijual sebagai herbal. Daunnya mengandung Quercitrin dan quercetin, yang memiliki sifat antioksidan dan antivirus,sehingga bisa di manfaatkan untu mengobati alergi,kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.
    Buah ini banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, dan asam tartaric ini merupakan sumber energi yang baik. Rasanya sangat manis dan berguna untuk meningkatkan stamina, terutama sehabis sakit.
   Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamilyang lemah atau setelah melahirkan. Bila dimakan dalam kondisi segar juga bisa mengurangi demam.
   Memakan buah ini secukupnya secara teratur dapat menambah nafsu makan, mencegah anemia, dan pemutihan rambut dini. Namun ,jika makannya terlalu banyak akan membuat tubuh panas karena kelebihan energi.

Kandungan Gizi..:
    Zat besi, Magnesium, fosfor, potasium, vitamin A dan C, tiamin, kalsium, serat, protein..@rin

di kutip dari majalah "Gaya Hidup Sehat, No. 372/1-7 september 2006...*

semoga Bermanfaat....^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar